Company Article & News

Scaffolding atau Steger adalah perancah atau alat bantu yang digunakan sebagai sarana pendukung pekerjaan para pekerja konstruksi bangunan. Biasanya alat ini digunakan pada proyek pembangunan gedung atau bangunan yang bertingkat. Sebelum menggunakan steger atau scaffolding ini, para pekerja harus terlebih dahulu menyambung bagian bagiannya.

Jika anda seorang engineer di lapangan, maka sudah tentu anda harus mengetahui bagian bagian dari steger atau scaffolding ini. Dengan mengetahui setiap bagiannya, maka diharapkan anda dapat menyusun sebuah perancah yang baik, aman, kokoh dan tentu saja sesuai dengan prosedur. Berikut ini akan kami jelaskan bagian bagian dari perancah yang sering digunakan pada proyek atau yang banyak terdapat pada jasa jual Steger atau jual scaffolding.

Cari scaffolding murah dan berkualitas ada di CV. Indo Jaya Logam

  1. Main Frame

Main frame adalah sebuah rangka utama pada rangkaian perancah atau dapat digunakan pula sebagai tubuh ari perancah. Main frame ini memiliki beberapa ukuran tinggi yang berbeda seperti 1,7 meter, 1,9 meter, dll dengan lebar sekitar 1,22m.

  1. Ladder Frame

Ladder frame adalah bagian yang terletak diatas main frame. Boleh dibilang bahwa ladder frame adalah rangka atas dari sebuah scaffolding atau perancah. Ladder frame ini biasa digunakan oleh jasa jual scaffolding atau jasa jual steger untuk membuat perancah menjadi lebih tinggi dan lebih kuat. Terdapat dua pilihan tinggi untuk scaffolding ini yaitu 90 cm dan 120 cm.

  1. Cross Brace

Bagian selanjutnya adalah Cross Brace. Bagian ini digunakan untuk menyambung antar bagian main frame dengan menggunakan posisi silang. Posisi silang ini digunakan karena dapat membuat rangkaian perancah menjadi lebih kuat. Cross Brace memiliki dua ukuran panjang yakni 220 cm dan 193 cm.

  1. U-Head

Bagian selanjutnya yang akan anda temui pada jasa jual steger atau jual scaffolding adalah U-Head. U head ini biasanya digunakan pada ujung paling atas sebuah rangkaian atau tepatnya diatas ladder frame. Seperti namanya, bagian ini memiliki bentuuk seperti huruf ‘U’ dan dapat berfungsi untuk menopang balok kayu. Selain itu, bagian ini pun sangat fleksibel karena dapat diatur ketinggiannya.

  1. Jack Bass

Jack Bass adalah sebuah bagian perancah yang memiliki fungsi sebagai tumpuan atau kaki dari sebuah rangkaian perancah. Bagian ini biasanya terletak paling bawah dan dapat digunakan untuk menopang beban beban saat pekerjaan konstruksi bangunan sedang berlangsung.

  1. Pipe Support

Pipe support memang bukanlah bagian yang menjadi satu dengan rangkaian perancah atau steger atau scaffolding. Namun Pipe Support biasanya digunakan untuk mendukung pekerjaan bekisting kolom. Oleh karena itulah, bagian ini juga merupakan bagian yang sangat penting dari perancah dan bagian ini akan sering pula anda temui di para penyedia jasa jual steger dan jasa jual scaffolding yang ada.

Itulah tadi beberapa bagian yang terdapat pada sebuah scaffolding atau perancah. Kami harap dengan mengetahui setiap bagiannya dan fungsinya, anda akan lebih mudah untuk menyusun setiap bagian bagian perancah ini sehingga akan membuat perancah menjadi kokoh. Namun, jika anda tidak ingin kesulitan untuk membangun perancah anda sendiri, maka mungkin menghubungi dan menggunakan jasa jual steger atau jual scaffolding adalah langkah terbaik. Disana, biasanya perancah telah dirancang atau disusun sesuai dengan prosedur keselamatan. Selain itu, jika percancah belum disusun, biasanya mereka menyediakan pula jasa untuk menyususun perancah hinga siap untuk digunakan.