Company Article & News

Steger / scaffolding / perancah adalah alat yang sangat membantu untuk mencapai ketinggian di dalam sebuah proyek konstruksi. Karena itulah, steger sangat penting dalam sebuah pekerjaan bangun membangun, terutama untuk bangunan dengan ketinggian yang lebih seperti gedung. Tahukah anda bahwa ternyata steger dapat di klasifikasikan ke dalam beberapa tipe? Berikut ini adalah beberapa klasifiikasi steger yang dapat kita ketahui bersama.

  1. Single Scaffolding atau Steger Tunggal

Perancah tunggal biasanya digunakan untuk proyek yang banyak menggunakan batu bata. Tipe steger ini terdiri dari framework tunggal dari standard, buku besar, putlog, dll. Standards diletakkan dengan jarak sekitar 1.2meter dari dinding pada interval 2 – 2,5 meter dan dihubungkan dengan ledger dengan interval vertical dari 1.2 m hingga 1.5 meter.

  1. Double Scaffolding atau Steger Ganda

Steger ganda yang banyak dijual di tempat jual steger biasanya digunakan untuk pekerjaan konstruksi yang banyak menggunakan batu. Steger ini terdiri dari dua baris standard yang dipisahkan oleh ledgers. Baris pertama steger ditempatkan 20 – 30 cm dari dinding dan baris selanjutnya memiliki jarak 1 meter dari baris pertama. Transom ditempatkan pada ledger dan cross brace pada steger ini akan membantu menjadikan steger ganda lebih kuat dan tahan.

  1. Steger Baja

Steger baja sama dngan steger mason. Scaffolding ini terdiri dari tabung baja daripada kayu. Dalam beberapa steger baja, standard ditempatkan dalam ruangan 3m dan dihubungkan dengan bantuan ledger tabung baja pada interval vertical sekitar 1.8 m. steger baja biasanya terdiri dari:

  1. Tabung baja dengan diameter 1.5 inchi hingga 2.5 inchi
  2. Penjepit untuk memegang pipa pada posisi yang berbeda
  3. Penopang untuk menjaga pipa tunggal
  4. Baut, ring dan lentil
  5. Ganjal dan klip

Manfaat menggunakan steger baja:

  • Dapat digunakan untuk ketinggian yang lebih
  • Tahan lama dan kuat
  • Dapat disusun dengan mudah
  • Resisten terhadap api

CV. Indo Jaya Logam jual steger murah dan berkualitas

Selain memiliki manfaat, steger baja ini ternyata juga memiliki kekurangan seperti misalnya membutuhkan biaya yang lebih besar, dalam pemasangannya dan penggunaannya dibutuhkan kemampuan, pengecatan secara periodic juga dibutuhkan.

  1. Steger Jarum atau Cantilever

Steger jarum dapat berupa tipe tunggal atau dasar. Anda dapat membelinya di tempat jual steger CV. INDO JAYA LOGAM. Kedua tipe steger tersebut pastilah memiliki spesifikasi yang berbeda beda yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan. Steger jarum ini biasanya digunakan untuk keadaan:

  1. Ketika tanah yang kokoh tidak tersedia
  2. Ketika konstruksi terletak di jalan yang sibuk
  3. Ketika konstruksi memiliki ketinggian yang lebih atau bangunan dengan beberapa dasar
  4. Steger Jembatan atau trestle scaffolding

Steger ini biasnaya digunakan untuk perbaikan kecil atau pekerjaan pengecatan di dalam ruangan. Steger jenis ini terdiri dari platform yang didukung oleh tangga tanpa standard, putlogs, dll. Karena itulah trestle scaffolding dapat dengan mudah dipindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya

  1. Suspended Scaffolding

Suspended scaffolding pun bisa anda temukan di tempat jual steger INDOJAYA SCAFFOLDING dimana steger jenis ini biasanya digunakan pada pekerjaan pemeliharaan, punktuasi, mengapur dinding dan lain sebagainya. steger ini terdiri dari platform pengerjaan yang digantungkan dari atap atau dinding parapet yang mana bisa berupa tali, kawat atau rantai yang dapat di naikkan atau diturunkan pada level yang diinginkan atau dibutuhkan.