Company Article & News

Scaffolding atau perancah memang sangat dibutuhkan terutama dalam pembangunan gedung atau bangunan yang memiliki lebih dari satu lantai. Perancah dapat membuat para pekerja bangunan mencapai tingkat atau bagian dengan tinggi yang sudah diatur. Perancah dapat terbuat darii beberapa material seperti misalnya kayu atau bahan logam seperti pipa. Selain diletakkan diatas tanah, terdapat pula jenis perancah yang digunakan dengan cara digantungkan. Perancah dengan jenis ini akan sangat berguna untuk mengerjakan pekerjaan konstruksi bangunan seperti memasang eternity, mengukur atap, dan lain sebagainya. Jika tidak diawasi dengan baik, seringkali kita menemukan banyak pekerja yang memasang scaffolding atau perancah dengan serampangan. Banyak dari mereka yang memasang dengan asal asalan dan tidan mengetahui seperti apakah sebenarnya prosedur pemasangan scaffolding yang benar dan aman. Selain tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hal ini juga dapat menimbulkan resiko seperti misalnya bangunan yang ambruk dan dapat memakan korban.

Oleh karena itulah, pada kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara memasang scaffolding yang baik dan aman. Kami harap hal ini akan bermanfaat sebelum anda membeli sebuah perancah dari jasa jual steger atau jual scaffolding yang ada. Namun kali ini kami akan lebih menyoroti pada penempatan dudukan untuk perancah tersebut.

CV. Indo Jaya Logam jual scaffolding murah berkualitas

Penempatan dudukan pada sebuah perancah memang harus diperhatikan dengan baik. Jika terdapat tanah atau landasan yang miring, maka akan lebih baik jika tanah atau landasan tersebut diratakan terlebih dahulu. Selain itu, masalah lain yang mungkin datang adalah apabila tanah yang akan digunakan sebagai landasan cenderung lembek. Jika anda menemukan landasan seperti ini, maka akan lebih baik jika tanah tersebut diperkeras terlebih dahulu. Terdapat pula cara lain yaitu dengan cara diberi alas yang cukup lebar dan luas agar tidak terjadi kemungkinan tergelincir karena adanya tekanan dari atas atau missal ada sebuah pergerakan secara tiba tiba seperti gempa bumi.

Untuk meningkatkan keselamatan para pekerja, tentu dibutuhkan kerjasama dan kesadaran semua pihak. Mulai dari jasa jual steger atau scaffolding, pekerja itu sendiri, mandor dan manajer proyek harus memiliki kesdaran untuk mematuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, dibutuhkan juga peran ahli K3 Konstruksi. Peran ahli ini dapat dillihat dari perannya untuk melakukan identifikasi akan bahaya K3 serta melakukan pengendalian bahaya K3. Sangat penting untuk selalu mengikut sertakan ahli seperti ini untuk melakukan inspeksi dan pengawasan yang baik terhadap pelaksanaan pekerjaan konstruksi bangunan.

Boleh dibilang akan lebih baik mencegah sebelum sesuatu yang buruk terjadi. Kita semua tahu bahwa jika kecelakaan kerja sudah terjadi, maka akibatnya pun dapat sangat fatal. Akibat tersebut antara lain kemungkinan tewasnya pekerja konstruksi bangunan dan kerugian terhadap bangunan konstruksi yang sedang dibangun. Hal ini karena jika terhadi sebuah kecelakaan kerja seperti misalnya bangunan yang ambruk, maka tentu saja waktu penyelesaian sebuab bangunan dapat terlambat.

Selain penyelesaian bangunan yang menjadi terlambat, biaya yang akan dibutuhkan pun dapat membengkak hingga berkali kali lipat banyaknya jika dibandingkan dengan biaya pengendalian yang memang sejak awal sudah dianggarkan. Oleh karena itu, jika semua dilakukan sesuai dengan prosedur dengan tingkat kehati hatian yang sangat tinggi, maka secara tidak langsung anda dapat mencegah membengkaknya anggaran yang tentu saja dapat memberikan kerugian secara ekonomi bagi anda.