Company Article & News

Bekisting dan perancah merupakan sebuah peralatan yang lazim digunakan dalam sebuah konstruksi bangunan. Kedua hal ini adalah konstruksi sementara sehingga seringkali disebut sebagai alat yang dapat disamakan. Namun, kini pertanyaannya adalah, apakah memang Bekisting dan steger atau perancah adalah alat yang sama? Jawabannya tentu saja tidak. Secara garis besar, bekisting dan perancah sangat berbeda, namun jika dilihat dari fungsinya, kedua alat ini dapat digunakan secara selaras dalam sebuah pekerjaan konstruksi bangunan.

JUAL SCAFFOLDING berkualitas terpercaya dengan harga murah di CV. INDO JAYA LOGAM

Bekisting mungkin banyak kita jumpai dalam penyedia jasa jual steger. Bekisting adalah cetakan sementara yang dapat digunakan untuk menahan beton segar selama proses penuangan. Oleh karena itulah, bekisting dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan kita. Sedangkan perancah atau steger adalah sebuah konstruksi sementara yang dapat digunakan untuk menahan beban pekerja bangunan atau material dalam sebuah pekerjaan konstruksi. Jika dilihat dari pengertian bekisting dan perancah tersebut, maka akan nampak perbedaan diantara keduanya.

Bekisting dan perancah adalah alat yang sangat penting untuk digunakan, terutama di saat beton yang dikerjakan masih dalam proses pengecoran atau masih belum selesai. Oleh karena itulah, kedua alat ini harus dapat dipasang dengan baik untuk memastikan keamanannya sehingga tidak akan memakan korban. Hal ini lah yang juga harus anda pastikan sebelum membeli steger dari jasa jual steger. Jika tidak dipasang dengan baik, maka perancah dan bekisting dapat runtuh.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan runtuhnya bangunan bekisting dan scaffolding adalah antara lain:
• Kurangnya konstruksi yang kurang stabil dari bekisting maupun perancah. Oleh karena itu,jika anda memiliki jasa jual steger atau akan membelii steger, pastikanlah bahwa steger yang anda pasang telah dirakit sedemikian rupa dengan stabilitas yang baik.
• Konstruksi dari bekisting atau perancah yang memiliki tingkat kemiringan yang tinggi. Hal ini akan membuat bekisting dan steger menjadi kurang stabil. Selain itu, kemiringan yang teramat sangat juga akan membuat pekerja kesulitan saat berada diatasa steger dan membuka resiko material yang diletakkan pada steger akan jatuh ke bawah. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya untuk pekerja bangunan lainnya yang secara kebetulan berada di bawah steger.
• Saat menggunakan bekisting atau steger yang anda beli dari jasa jual steger, pastikan bahwa muatan atau beban yang ditahan oleh bekisting dan perancah tidak melebihi dari ketentuan beban yang disarankan.
• Selain faktor diatas, tumpuan konstruksi dari perancah dan bekisting yang tidak kuat atau bahkan tidak rata pun dapat menyebabkan bekisting dan perancah runtuh
• Adanya kualitas material yang kurang kuat dan kurang baik dapat menyebabkan bekisting dan perancah runtuh.
• Adanya beberapa gangguan secara langsung yang muncul secara tiba tiba, seperti misalnya adanya gangguan seperti tumbukan, hentakan atau getaran. Gangguan ini juga termasuk beberapa faktor bencana alam lain yang mungkin terjadi secara tiba tiba dengan kekuatan yang besar seperti contohnya angin putting beliung, gempa bumi, banjir dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa perbedaan antara bekisting dan perancah yang dapat menambah wawasan kita. Dengan adanya artikel ini, kami harap kini anda lebih memahami mengenai bekisting dan perancah sehingga anda akan lebih mudah memilih bekisting atau steger yang akan anda beli dari jasa jual steger.