Company Article & News

Menyatukan perancah terlihat sangat rumit, namun banyak orang mengatakan bahwa hal ini tidak sesulit itu. Dengan arti kata lain, menyetel steger adalah bukan masalah terbesar. Ada hal lain lagi yang bisa lebih mengkhawatiirkan misalnya tinggi bekisting yang akan kita buat ternyata tidak sesuai dengan tinggi perancah yang akan kita gunakan. Karena itu akan lebih baik jika sebelum membeli steger anda sudah memiliki detal data teknis atau gambar konstruksi bangunan yang hendak anda buat.

Namun, jika anda ingin mengetahu cara untuk menyetel perancah,maka kami akan menginformasikannya kepada anda. cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang membuat tempat jual steger dan memang mudah dipraktekkan. Berikut ini ada;ah cara untuk menyetel dan menyambung steger secara aman dan benar:

  1. Pertama, anda harus menentukan letak steger atau mengatur jarak dari steger. Misalnya adalah tentang as balok pada pekerjaan bekisting balok.
  2. Kemudian, cara ke dua adalah tahap dimana anda harus memasang base plat atau disebut juga jack base di atas landasan yang harus stabil.
  3. Setelah anda selesai dengan tahap diatas, setelah kerangka dari steger.
  4. Tahap keempat anda harus memasang cross brace di dua sisi untuk membuat elemen perancah yang baik sehingga dapat berdiri dengan baik dan aman
  5. Selanjutnya, susunlah frame vertical selanjutnya. Namun jika tidak, anda dapat selesai dengan pemasangan dari shoring head. Hal ini dapat anda lakukan jika anda merasa bahwa tinggi steger sudah cukup memadai untuk proyek konstruksi anda. selain itu, ini juga berarti bahwa ketinggian steger dapat dilakukan dengan cara mengatur U-Head dan jack.

Kemudian, ketinggian dari steger yang anda beli dari tempat jual steger dapat anda atur dengan ketinggian dari bekisting.

CV. Indo Jaya Logam tempatnya jual steger atau scaffolding murah dan berkualitas

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jika dilakukan secara terus menerus maka anda akan menjadi semakin ahli.

Cara Penyusunan Scaffolding

Untuk hal penyusunan steger, timggi frame biasanya akan disesuaikan dengan ketinggian dari bekisting atau dasar beton. Semua harus disesuaikan dengan kondisi dan desain setempat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin mememnuhi ketinggian plafon:

  • Tentukanlah terlebih dahulu tebal dari beton screed sebagai tempat jack base
  • Kemudian aturlah jack base serta U head jack. Anda dapat menggunakan ulir yang sudah ada
  • Lalu, susunlah frame vertical serta atau tambahkan adjusting frame sesuai denga ketinggian yang anda inginkan.

Itulah 3 cara mudah yang bisa anda praktekkan untuk mengatur ketinggian dari steger / perancah / scaffolding. cara tersebut sangat mudah untuk dipraktekkan sehingga anda bisa menyambung dan menyusun steger anda sendiri. Namun perlu diingat, anda harus memastikan bahwa semua bagian dari steger lengkap dan dalam keadaan yang super baik sebelum anda mulai menyusun.

Memang tidak semua orang bisa merancang dan menyusun steger. Jika mungkin anda merasa kurang PD atau kurang yakin untuk menyusunnya sendiri, maka meminta bantuan dari pekerja yang mungkin sudah ahli dan berpengalaman adalah cara yang paling direkomendasikan. Selain itu, cara mudah kedua adalah dengan membeli steger jadi di tempat jual steger. Biasanya mereka telah memastikan bahwa perancah dibuat dari bahan berkualitas, aman untuk digunakan dan telah sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Bahkan, terkadang mereka menyediakan fasilitas susun dan bongkar  steger juga.